Tutorial Mendesain Template Blog + Tips

13:15
Akhir - akhir ini gue sering banget utak atik blog. Mulai dari edit tampilan blog, postingan blog, sama nambahin beberapa script. Tujuannya engga lain dan engga bukan hanya supaya diterima Google Adsense. 

Seperti yang kalian lihat. Sekarang template blog sudah berubah wujudnya. Dari yang tadinya acak kadul. Karena waktu itu gue masih pakai template bawaan yang dikasih blogger, terus gue edit - edit sendiri. Sampai yang kaya sekarang. 

Sekarang ini gue pakai template yang gue download, hasil karya blog Mas Oglex. Dan terbukti template ini ajib banget, selain itu juga responsive, engga lemot, fast loading, dan pastinya SEO friendly. Mungkin gue akan bertahan lama dengan template ini.



Sebenernya gue sendiri bisa mendesain template blog yang sudah di sediakan blogger, dengan sedikit utak atik. Tapi karena gue pemalas, dan pengen langsung terima jadi, jadi gue download aja. Tapi tenang, berikut ini gue rangkum beberapa trik untuk mendesain template blog secara mandiri , ala gue pastinya. 

1. Jangan Gunakan Script yang Engga Perlu.

Ya, script yang gue makud disini itu script yang berupa gadget / widget. Yang bisa lo letakan di dalam gadget 'HTML/Java Script'. Karena kalau kebanyakan script, juga bisa buat template blog jadi slowly loading & engga responsive. Walaupun gue tau sebenernya tujuan nambah script ini untuk memperindah tampilan blog. contoh script yang engga perlu : script hujan salju, daun jatuh, dll.(bisa dilihat di google)

2. Nonaktifkan Navbar Bawaan Template. 

Caranya: 1) Pergi ke dasbor blogger. 2) Masuk ke bagian kontrol blog. 3) Pilih tata letak. 4) Cari navbar, lalu klik edit. 5) Klik bagian opsi 'off'. 6) simpan.
Karena navbar bawaan template blogger itu gue bilang kurang bagus dipandang mata. Dan Jangan lupa untuk menambah widget 'search' sebagai pengganti dari navbar tadi, untuk cara menambah widget 'search' bisa langsung tanya ke mbah google.

3. Menambahkan 'Read More' di Setiap Artikel/Postingan.

Selain berguna untuk memperindah tampilan blog, 'read more' juga berguna untuk meminimkan/me-minimizekan artikel blog di bagian homepage blog kalian. Jadi yang terlihat cuma cuplikan dari artikel blog itu sendiri. Berikut cara untuk menampilkan 'read more' di artikel blog: 1) buka bagian edit artikel blog 2) pilih/arahkan kursor di bagian mana yang mau di potong/berikan 'read more' 3) klik tombol insert jump break, seperti ini : 
 
4) perbarui.

Sekian postingan gue, tentang cara mendesain template blog, dan beberapa tipsnya. Dan artikel ini masuk ke dalam label/segmen baru di blog ini, yaitu segmen 'GoBlog' (bacanya dalem hati aja) yaitu segmen untuk sharing isi postingan gue tentang blog. 
Semoga bermanfaat, jangan lupa komen! Terimakasih. 


Share this :

Previous
Next Post »
6 Komentar
avatar

Template blogku belom responsive :( mau ganti, tapi males buat edit-editnya lagi.

Balas
This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus
avatar

coba cek dulu gan ke http://ami.responsivedesign.is/

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔